Monday, 25 March 2019

Jadi Cendekia Tumpuan Kompetensi Inti Dan Kompetensi Dasar Paud Tk Ra


Kompetensi Inti (KI) pada Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini merupakan tingkat kemampuan untuk mencapai STPP yang harus dimiliki penerima didik PAUD pada usia 6 tahun. Makara Kompetensi Inti merupakan kualitas yang harus dimiliki anak dengan banyak sekali kegiatan pembelajaran melalui bermain yang dilakukan di satuan PAUD.

Kualitas tersebut berisi citra mengenai kompetensi utama yang dikelompokkan ke dalam kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan.

Secara terstruktur kompetensi inti dimaksud mencakup:

  • Kompetensi Inti-1 (KI-1) untuk kompetensi inti sikap spiritual.
  • Kompetensi Inti-2 (KI-2) untuk kompetensi inti sikap sosial.
  • Kompetensi Inti-3 (KI-3) untuk kompetensi inti pengetahuan.
  • Kompetensi Inti-4 (KI-4) untuk kompetensi inti keterampilan.

Rumusan kualitas masing-masing kompetensi inti yang harus dimiliki penerima didik terurai pada tabel di bawah ini.

Kompetensi Inti
KI-1 Menerima fatwa agama yang dianutnya
KI-2 Memiliki sikap hidup sehat, rasa ingin tahu, kreatif dan estetis, percaya diri, disiplin, mandiri, peduli, bisa bekerja sama, bisa menyesuaikan diri, jujur, dan santun dalam berinteraksi dengan keluarga, pendidik dan/atau pengasuh, dan teman
KI-3 Mengenali diri, keluarga, teman, pendidik dan/atau pengasuh, lingkungan sekitar, teknologi, seni, dan budaya di rumah, daerah bermain dan satuan PAUD dengan cara: mengamati dengan indra (melihat, mendengar, menghidu, merasa, meraba); menanya; mengumpulkan informasi; mengolah informasi/mengasosiasikan,dan mengkomunikasikan melalui kegiatan bermain
KI-4 Menunjukkan yang diketahui, dirasakan, dibutuhkan,dan dipikirkan melalui bahasa, musik, gerakan, dan karya secara produktif dan kreatif, serta mencerminkan sikap anak berakhlak mulia

Kompetensi Dasar
Kompetensi Dasar pada Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini berisikan kemampuan dan muatan pembelajaran untuk suatu tema pembelajaran pada PAUD yang mengacu pada Kompetensi Inti. Kompetensi Dasar dikembangkan menurut pada prinsip akumulatif, saling memperkuat dan memperkaya antar acara pengembangan. Dalam merumuskan Kompetensi Dasar juga memperhatikan karakteristik penerima didik, kemampuan awal, serta ciri dari suatu acara pengembangan yang hendak dikembangkan.

Kompetensi Dasar dibagi menjadi empat kelompok sesuai dengan pengelompokkan kompetensi inti sebagai berikut:

  • Kelompok1:kelompok Kompetensi Dasar sikap spiritual dalam rangka menjabarkan KI-1
  • Kelompok 2: kelompok Kompetensi Dasar sikap sosial dalam rangka menjabarkan KI-2
  • Kelompok 3: kelompok Kompetensi Dasar pengetahuan dalam rangka menjabarkan KI-3
  • KelompoK 4: kelompok Kompetensi Dasar keterampilan dalam rangka menjabarkan KI-4.

Uraian dari setiap Kompetensi Dasar untuk setiap kompetensi inti ialah sebagai berikut.

Kompetensi Inti Kompetensi Dasar
KI-1. Menerima fatwa agama yang dianutnya
  1. Mempercayai adanya Tuhan melalui ciptaan-Nya
  2. Menghargai diri sendiri, orang lain, dan lingkungan sekitar sebagai rasa syukur kepada Tuhan.-2.1.Memiliki sikap yang mencerminkan hidup sehat
KI-2. Memiliki sikap hidup sehat, rasa ingin tahu, kreatif dan estetis, percaya diri, disiplin, mandiri, peduli, bisa bekerja sama, bisa menyesuaikan diri, jujur, dan santun dalam berinteraksi dengan keluarga, pendidik dan/atau pengasuh, dan teman
  1. Memiliki sikap yang mencerminkan hidup sehat
  2. Memiliki sikap yang mencerminkan sikap ingin tahu
  3. Memiliki sikap yang mencerminkan sikap kreatif
  4. Memiliki sikap yang mencerminkan sikap estetis
  5. Memiliki sikap yang mencerminkan sikap percaya diri
  6. Memiliki sikap yang mencerminkan sikap taat terhadap hukum sehari-hari untuk melatih kedisiplinan
  7. Memiliki sikap yang mencerminkan sikap sabar (mau menunggu giliran, mau mendengar saat orang lain berbicara) untuk melatih kedisiplinan
  8. Memiliki sikap yang mencerminkan kemandirian
  9. Memiliki sikap yang mencerminkan sikap peduli dan mau membantu kalau diminta bantuannya
  10. Memiliki sikap yang mencerminkan sikap kerjasama
  11. Memiliki sikap yang sanggup menyesuaikan diri
  12. Memiliki sikap yang mencerminkan sikap jujur
  13. Memiliki sikap yang mencerminkan sikap santun kepada orang tua, pendidik dan/atau pengasuh, dan teman
KI-3. Mengenali diri, keluarga, teman, pendidik dan/atau pengasuh, lingkungan sekitar, teknologi, seni, dan budaya di rumah, daerah bermain dan satuan PAUD dengan cara: mengamati dengan indra (melihat, mendengar, menghidu, merasa, meraba); menanya; mengumpulkan informasi; mengolah informasi/mengasosiasikan,dan mengkomunikasikan melalui kegiatan bermain.
  1. Mengenal kegiatan beribadah sehari-hari
  2. Mengenal sikap baik sebagai cerminan etika mulia
  3. Mengenal anggota tubuh, fungsi, dan gerakannya untuk pengembangan motorik bernafsu dan motorik halus
  4. Mengetahui cara hidup sehat
  5. Mengetahui cara memecahkan duduk masalah sehari-hari dan berperilaku kreatif
  6. Mengenal benda -benda disekitarnya (nama, warna, bentuk, ukuran, pola, sifat, suara, tekstur, fungsi, dan ciri-ciri lainnya)
  7. Mengenal lingkungan sosial (keluarga, teman, daerah tinggal, daerah ibadah, budaya, transportasi)
  8. Mengenal lingkungan alam (hewan, tanaman, cuaca, tanah, air, batu-batuan, dll)
  9. Mengenal teknologi sederhana (peralatan rumah tangga, peralatan bermain, peralatan pertukangan, dll)
  10. Memahami bahasa reseptif (menyimak dan membaca)
  11. Memahami bahasa ekspresif (mengungkapkan bahasa secara mulut dan non verbal)
  12. Mengenal keaksaraan awal melalui bermain
  13. Mengenal emosi diri dan orang lain
  14. Mengenali kebutuhan, keinginan, dan minat diri
  15. Mengenal banyak sekali karya dan acara seni
KI-4. Menunjukkan yang diketahui, dirasakan, dibutuhkan,dan dipikirkan melalui bahasa, musik, gerakan, dan karya secara produktif dan kreatif, serta mencerminkan sikap anak berakhlak mulia
  1. Melakukan kegiatan beribadah sehari-hari dengan tuntunan orang dewasa
  2. Menunjukkan sikap santun sebagai cerminan etika mulia
  3. Menggunakan anggota badan untuk pengembangan motorik bernafsu dan halus
  4. Mampu menolong diri sendiri untuk hidup sehat
  5. Menyelesaikan duduk masalah sehari-hari secara kreatif
  6. Menyampaikan ihwal apa dan bagaimana benda-benda disekitar yang dikenalnya (nama, warna, bentuk, ukuran, pola, sifat, suara, tekstur, fungsi, dan ciri-ciri lainnya) melalui banyak sekali hasil karya
  7. Menyajikan banyak sekali karyanya dalam bentuk gambar, bercerita, bernyanyi, gerak tubuh, dll ihwal lingkungan sosial (keluarga, teman, daerah tinggal, daerah ibadah, budaya, transportasi)
  8. Menyajikan banyak sekali karyanya dalam bentuk gambar, bercerita, bernyanyi, gerak tubuh, dll ihwal lingkungan alam (hewan, tanaman, cuaca, tanah, air, batu-batuan, dll)
  9. Menggunakan teknologi sederhana (peralatan rumah tangga, peralatan bermain, peralatan pertukangan, dll) untuk menuntaskan kiprah dan kegiatannya
  10. Menunjukkan kemampuan berbahasa reseptif (menyimak dan membaca)
  11. Menunjukkan kemampuan berbahasa ekspresif (mengungkapkan bahasa secara mulut dan non verbal)
  12. Menunjukkan kemampuan keaksaraan awal dalam banyak sekali bentuk karya
  13. Menunjukkan reaksi emosi diri secara wajar
  14. Mengungkapkan kebutuhan, harapan dan minat diri dengan cara yang tepat
  15. Menunjukkan karya dan acara seni dengan memakai banyak sekali media

No comments:

Post a Comment