Apa yang anda ketahui perihal PAUD? Kenapa harus ada PAUD? Apa prinsip-prinsip dalam PAUD? mungkin itulah beberapa pertanyaan yang sering muncul di pikiran kita alasannya pendidikan anak usia dini (PAUD) dulu belum ada. Karena itulah Prinsip pembelajaran dan jenis perkembangan PAUD,
Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) yakni pendidikan untuk memfasilitasi pertumbuhan dan perkembangan anak (usia + 0 – 8 tahun) sehingga terbentuk kepribadian anak yang sehat jasmani-rohani (shalih-shalihah)
Pendidikan usia dini merupakan masa emas (golden age) yang menjadi fondasi bagi tumbuh kembang seseorang di masa dewasa. Anak yang pada masa usia dininya menerima rangsangan yang cukup dalam membuatkan kedua belah otaknya akan memperoleh kesiapan yang menyeluruh untuk berguru sukses pada ketika memasuki SD/MI
Prinsip pembelajaran PAUD
- Bermain Sambil Belajar atau Belajar Seraya Bermain
- Berorientasi pada Kebutuhan Anak
- Stimulasi Terpadu
- Berorientasi pada Perkembangan Anak
- Lingkungan Kondusif
- Menggunakan Pendekatan Tematik
- Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan (PAKEM)
- Menggunakan Berbagai Media dan Sumber Belajar
Apa makna pertumbuhan dan perkembangan dalam PAUD?
Jenis-jenis perkembangan dasar PAUD Meliputi:
- perkembangan Kognitif,
- perkembangan Sosial-Emosional,
- perkembangan Bahasa,
- perkembangan Fisik-Motorik, dan
- perkembangan Moral PAUD.
Selanjutnya kita akan membahas sedikit perihal jenis perkembangan PAUD
1.Perkembangan Kognitif
- Proses dan produk yang terjadi dalam otak sehingga menghasilkan pengetahuan
- Peningkatan kemampuan daya pikir atau kecerdikan untuk memperoleh pengetahuan baru
2. Perkembangan Sosial-Emosional
- Proses pembentukan socialself (sikap diri dalam keluarga, dan sekitarnya)
- Perolehan kemampuan anak untuk berperilaku sesuai dengan tuntutan budaya di masyarakatnya
- Kemampuan anak untuk mengikuti keadaan dengan lingkungan, menjalin pertemanan yang melibatkan emosi, pikiran, dan perilakunya.
3. Perkembangan Bahasa
- Proses interaksi anak dalam berkomunikasi dengan orang-orang di sekitarnya
- Kemampuan anak untuk mendengar, berbicara, membaca, dan menulis sebagai alat untuk berkomunikasi dengan lingkungannya
4. Perkembangan Fisik-Motorik
- Perkembangan gerakan jasmaniah melalui acara sentra saraf dan otot yang terkoordinasi
- perkembangan dari unsur kematangan dan pengendalian gerak tubuh
5. Perkembangan Moral
- Proses anak mulai menyadari dan mengartikan bahwa sesuatu tingkah laris ada yang baik dan ada yang tidak baik
- Sistem kepercayaan, penghargaan, dan ketetapan yang terjadi di bawah sadar perihal tindakan yang benar dan yang salah, dan untuk memastikan anak akan berusaha berbuat sesuai dengan keinginan masyarakat
Itulah sekilas perihal Prinsip dan perkembangan pendidikan anak usia dini (PAUD), biar sanggup memperlihatkan manfaat dan citra bagi kita semua utamanya belum dewasa generasi yang akan datang.
Referensi: Pendma Kemenag Pamekasan | IGRA
No comments:
Post a Comment