Pembelajaran Seni Budaya untuk Pendidikan Menengah Kelas X ialah salah satu perjuangan untuk melestarikan peradaban bangsa melalui pemahaman terhadap sejumlah karya seni budaya bangsa dari banyak sekali penjuru nusantara yang sangat kaya ragam dan sarat makna. Pembelajarannya didahului dengan mengajak akseptor didik mengapresiasi secara kritis seni budaya bangsa melalui pengamatan terhadap keindahan warisan-warisan seni budaya.
Sebagai bab dari Kurikulum 2013, pembelajaran dalam buku ini meliputi studi ragam dan makna karya seni budaya untuk mengasah kompetensi pengetahuan, praktik berkarya seni budaya untuk mengasah kompetensi keterampilan, dan pembentukan perilaku apresiasi terhadap seni budaya sebagai hasil simpulan dari studi dan praktik karya seni budaya. Pendekatannya bukan hanya berguru wacana seni budaya, tetapi juga berguru melalui seni budaya dan berguru dengan seni budaya.
Pembelajarannya dirancang berbasis kegiatan dalam sejumlah ranah seni budaya, yaitu seni rupa, tari, musik, dan teater yang diangkat dari tema-tema warisan seni budaya bangsa. Sebagai mata pelajaran yang mengandung unsur muatan lokal, embel-embel bahan yang digali dari kearifan lokal yang relevan sangat diperlukan untuk ditambahkan sebagai pengayaan dari buku ini.
Buku ini menjabarkan perjuangan minimal yang harus dilakukan siswa untuk mencapai kompetensi yang diharapkan. Sesuai dengan pendekatan yang dipakai dalam Kurikulum 2013, siswa diajak menjadi berani untuk mencari sumber berguru lain yang tersedia dan terbentang luas di sekitarnya. Peran guru dalam meningkatkan dan menyesuaikan daya serap siswa dengan ketersediaan kegiatan pada buku ini sangat penting. Guru sanggup memperkayanya dengan kreasi dalam bentuk kegiatan-kegiatan lain yang sesuai dan relevan yang bersumber dari lingkungan sosial dan alam.
Daftar Isi Buku Guru dan Siswa Kurikulum 2013 Mapel Seni Budaya Kelas X MA Sekolah Menengan Atas SMK
- Apresiasi Karya Seni Rupa Dua Dimensi
- Unsur dan Obyek Karya seni Rupa Dua Dimensi
- Medium, Alat, Bahan dan, Teknik
- Berkarya Seni Rupa Dua Dimensi
- Pengertian dan Jenis Karya Seni Rupa Tiga Dimensi
- Simbol dalam Karya Seni Rupa Tiga Dimensi
- Nilai Estetis Karya Seni Rupa Tiga Dimensi
- Berkarya Seni Rupa Tiga Dimensi
- Pengertian Musik
- Musik Sebagai Simbol
- Nilai-Nilai Estetika Musik
- Fungsi Musik
- Praktik Musik
- Kolaborasi Seni
- Eksplorasi Musik
- Gerak dalam Permainan Musik
- Gerak dan Visual Dalam Permainan Musik
- Jenis/ Genre Tari
- Tari Sebagai Simbol
- Nilai Estetis dalam Gerak Tari
- Praktik Gerak Dasar Tari Sesuai Hitungan
- Pengertian Kreativitas Tari
- Proses Kreativitas Tari
- Menyusun Karya Tari
- Menampilkan Karya Tari Dengan Iringan
- Pengertian Pemeranan
- Unsur Pemeranan
- Teknik Dasar Pemeranan
- Kreativitas Pemeranan
- Pengertian Teater
- Jenis Teater
- Aspek-Aspek Teater
- Simbol Teater
- Nilai Estetis
- Kreativitas Teater
- Pengertian Pameran
- Tujuan, Manfaat, dan Fungsi Pameran
- Merencanakan, Mempersiapkan, dan Melaksanakan Pameran
- Pengertian Kritik Karya Seni Rupa
- Jenis Kritik Karya Seni Rupa
- Fungsi Kritik Karya Seni Rupa
- Menulis Kritik
- Konsep Pertunjukan Musik
- Teknik Pertujukan Musik
- Prosedur Pertunjukan Musik
- Pertunjukan Musik
- Pengertian Kritik
- Jenis Kritik Musik Dalam Pembelajaran
- Langkah-langkah dan Penulisan Kritik Musik
- Mengomunikasikan Kritik Musik
- Pengertian Pergelaran
- Teknik dan Prosedur Pergelaran Tari
- Unsur Pendukung Pergelaran Tari
- Pergelaran Tari
- Pengertian Kritik Tari
- Jenis Kritik Tari
- Fungsi Kritik Tari
- Simbol Karya Tari Dalam Kritik Tari
- Nilai Estetis Dalam Kritik Tari
- Membuat Tulisan Dalam Kritik Tari
- Pengertian Pergelaran Teater
- Unsur Pergelaran Teater
- Teknik Pergelaran Teater
- Kreativitas Pergelaran Teater
Download Buku Guru dan Siswa Kurikulum 2013 Mapel Seni Budaya Kelas X MA Sekolah Menengan Atas SMK
Selengkapnya sanggup anda download pada link berikut ini:
Download Buku Guru dan Siswa SBK K13
Demikian dari saya wacana Buku Guru dan Siswa Kurikulum 2013 Mapel Seni Budaya Kelas X MA Sekolah Menengan Atas SMK, agar bermanfaat...
No comments:
Post a Comment